Mengenal Fungsi dan Peran Recycle Bin Pada Sistem Operasi

Mengenal fungsi dan peran recycle bin pada sistem operasi windows. Sebagian besar user pengguna windows, pasti akrab dengan salah satu fasilitas buatan ini. Umumnya recycle bin menjadi direktori yang menampung sementara file – file tidak digunakan pada komputer. User dapat menghapus data secara sementara untuk mendapatkan ruang penyimpanan lebih banyak. Namun, file dapat juga secara permanen hilang dari fitur ini. Karena itu penting untuk mempelajari bagaimana mempergunakan direktori pembuangan data untuk kepentingan kerja. Serta bagaimana memperluas ruang memori penyimpanan didalamnya.

Tahap Mengenal Fungsi dan Peran Recycle Bin Pada Sistem Operasi

https://www.techspot.com/articles-info/0/images/2018-06-04-image-9.jpg

Tahap mengenal fungsi dan peran recycle bin pada sistem operasi windows. Seperti yang sebelumnya sudah dibahas, bila menu ini berfungsi menampung sebagian file tidak terpakai secara sementara. User bebas menentukan file mana saja yang akan dihapus. Asalkan file tersebut tidak melebihi kapasitas penyimpanan recycle bin.

Kedepannya user bisa memilih restore dokumen, apabila membutuhkan kembali file tersebut. Caranya tidak sulit cukup klik kanan pada mouse, kemudian pilih opsi restore. Maka file yang dimaksudkan akan kembali ke tempat semula tersimpan.

Keberadaan menu recycle bin pada komputer sangat membantu, user mendapatkan ruang lebih untuk menyimpan lebih banyak data. Data yang telah terhapus secara permanen, tidak dapat di restore dengan cara biasa. Karenanya membutuhkan tambahan software khusus.

Jika tempat pembuangan data pada perangkat komputer sudah penuh. Maka lakukan langkah empty recycle bin, sehingga user bisa memanfaatkan menu seperti sediakala. Cara untuk mengosongkan direktori pembuangan tidaklah sulit. Klik kanan pada mouse, kemudian pilih fitur empty maka semua data yang tersimpan didalamnya akan terhapus.

Selain mengosongkan recycle bin, juga ada cara lain agar tempat pembuangan data bisa lebih besar memorinya. Bukan tidak mungkin bila user hendak melakukan perluasan kapasitas penyimpanan terhadap menu ini.

Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk menambah kapasitas.

Pertama arahkan kursor mouse user pada ikon trashcan yang terletak di dekstop komputer. Kemudian klik kanan dan pilih properties. Pada bagian bawah akan ditemukan fitur recycle bin location. Pilih fitur tersebut pada lokasi disk yang memiliki kapasitas kosong dan lebih besar.

Disk yang jarang dipergunakan di dalam PC biasanya local disk D atau local disk E. Namun sebelumnya user sudah harus mengatur custom size. Setelah semua persiapan selesai maka silahkan masukkan size pada bagian maximum size sesuai dengan ukuran yang diingankan. Tutup atau akhiri tahap pengembangan kapasitas recycle bin dengan pilihan apply.

Hilangnya Fitur Warning Pada Windows 8

https://2.bp.blogspot.com/_p_X1nZXIZME/TSH_7f_0y4I/AAAAAAAAAHM/n7fevCA66zU/s1600/1.JPG

Umumnya ketika memutuskan menghapus file ataupun folder dari local disk, akan muncul notifikasi warning yang memperingatkan apakah user sungguh akan menghapus data. Notifikasi tersebut akan muncul bila sistem operasi windows yang digunakan adalah versi lama seperti 2000, XP ataupun windows 7.

Sementara pada recycle bin windows 8 dan seterusnya, developer menghilangkan notifikasi warning tersebut. Fakta tersebut bisa menjadi memudahkan pekerjaan, karena tinggal sekali klik maka file akan berpindah.

Namun pada sebagian kasus, file penting yang tanpa sengaja terhapus. Dapat terbuang tanpa adanya pemberitahuan atau warning. Meski terkesan simpel, tetapi keberadaan fitur warning memiliki fungsi yang cukup besar dalam pekerjaan. Tetapi user tidak perlu risau, sebab sudah ada cara mengembalikan fitur ini pada recycle bin windows 8.

Karena sebenarnya developer bukannya menghilangkan 100% fiur warning. Melainkan menon – aktifkan pilihan otomatis. User yang memang membutuhkan keberadaan fitur peringatan, bisa mengaktifkan kembali dengan mudah di sistem operasi windows 8.

Berikut adalah tahapan sederhana mengaktifkan notifikasi recycle bin windows 8. Pertama klik kanan mouse pada menu recycle bin, kemudian pilih properties dan beri tanda cek pada kolom display delete confirmation dialog. Akhiri pilihan dengan melakukan apply atau ok.

Tidak Semua File Dapat Dibuang Dalam Menu Direktori Windows 10

https://www.minitool.com/images/uploads/articles/2018/10/files-too-large-to-recycle/files-too-large-to-recycle-thumbnail.png

Meski berfungsi untuk menampung file, tetapi nyatanya tidak semua data bisa dialihkan pada recycle bin windows 10. Alasannya tidak lain adalah ukuran dari file yang akan dipindahkan. Jika memiliki ukuran yang melebihi kapasitas menu direktori, sudah jelas tidak dapat menampung secara utuh data tersebut.

Misalkan menu recycle bin hanya memiliki kapasitas penampungan sebesar 1GB dan data yang akan dipindahkan lebih dari 1 GB. Maka secara otomatis sistem operasi windows akan mengirimkan notifikasi, isi pemberitahuan tersebut menyatakan bila file terlalu besar untu recycle bin windows 10. Pilihannya adalah menghapus secara permanen atau tidak.

Notifikasi serupa juga akan muncul, apabila user memutuskan menghapus secara bersamaan sejumlah data. Agar data bisa terhapus semua, maka salah satunya adalah melakukan penghapusan file secara satu persatu.

Cara tersebut memang terbukti berhasil, hanya saja memakan waktu penghapusan yang lebih lama. Selain itu resiko file yang tersimpan sebagian jauh lebih besar. Sementara sebagian sisanya akan terhapus permanen. Pada windows 10 user bisa menggunakan aplikasi tertentu, untuk memulihkan file yang hilang secara permanen.

Namun dengan catatan file belum terlalu jauh atau periode terhapus belum terlalu lama. Pasalnya file yang terhapus dalam recycle bin windows 10 terlalu lama, memiliki kemungkinan tertindih file lain. Jika demikian maka tingkat kemungkinan untuk memulihkannya, lebih sedikit lantaran cukup sulit.

Berikut adalah aplikasi yang bisa digunakan pada recycle bin windows 10 :

CC Cleaner

WiseCare 365

IObit

Adavanced System Care

Data Terhapus Secara Otomatis Sesuai Periode Settingan

https://i.ytimg.com/vi/7FPHBfHGAXQ/maxresdefault.jpg

Ikon recycle bin akan terlihat transparan saat tidak ada file yang tersimpan dalam menu pembuangannya. Tetapi apabila menu ini telah penuh atau mencapai kapasitas maksimumnya. Maka akan menunjukkan warna putih secara keseluruhan pada ikon trashcan nya.

Secara otomatis windows dapat menghapus data pada periode tertentu. Seperti setiap 60 hari, maka recycle bin akan dikosongkan permanen. User dapat juga menjaga agar file tertentu pada recycle bin windows 10 tidak terhapus alias tersimpan aman.

Salah satu caranya adalah dengan mengubah penyimpanan maksimum pada recycle bin windows 10. Caranya tidak berbeda dengan langkah di windows 8. Cukup mengakses menu pintasan, yaitu dengan klik kanan tepat di ikon recycle pada dekstop. Kemudian pilih fitur properties, pilih lokasi penyimpanan baru. Kemudian ubah pengaturan seting seleksi lokasi. Pilih fitur custom size sesuai dengan kebutuhan kapasitas penyimpanan maksimum.

Kesimpulan Peran Menu Recycle

https://fossbytes.com/wp-content/uploads/2017/12/Delete-Windows-10-Activity-History-Main.png

Peran Rescycle bin secara keseluruhan dapat disimpulkan fungsinya. Selain sebagai tempat menyimpan sementara data yang dihapus dari lokal disk utama. User terbantu karena ruang direktor menjadi lebih lowong, sehingga kemungkinan menyimpan data baru lebih besar.

Fungsi dan peran recycle bin lainnya adalah menghindarkan user, dari kecelakaan kehilangan data secara permanen. Dengan demikian aktivitas bekerja menjadi lebih aman dan nyaman. Pasalnya sistem operasi windows membuat menu trashcan sebagai jalan pintas sederhana yang memungkinkan user membuang dan memulihkan data sesuai kondisi dan kebutuhan mereka.